steak dory (white fish) Surabaya 31 Mei 2010

Seandainya anda bosan dengan menu steak yang sering kali menyajikan daging sapi, kambing atau ayam, tidak ada salahnya jika anda mencoba varian lain dari tawaran tadi, yakni steak ikan. Suatu ketika saya diajak keluarga untuk makan malam bersama, seperti biasa saya selalu antusias sekali tiap kali tawaran berkuliner ria datang. Tetapi ketika pilihan jatuh pada sebuah restoran yang menu andalannya adalah steak, tiba-tiba selera makan saya berkurang (bukan hilang yaahh :)) alasannya saya memang sedang berusaha untuk mengurangi konsumsi daging merah seperti daging sapi dan kambing (demi kesehatan).

John DoryKetika memesan makanan, suami saya memberi ide untuk memesan steak ikan saja. Setelah melihat daftar menu, saya akhirnya tertarik dengan satu menu yang dituliskan sebagai “White Fish“…penasaran, saya pun membaca detail keterangannya. Ternyata ini adalah steak ikan dory.

well, ikan dory yang disebut juga dengan John Dory Fish (bagus yah namanya :p) merupakan salah satu jenis ikan laut yang badannya keperakan, pipih lebar dan matanya besar. Ikan ini banyak terdapat di laut Mediterania dan Atlantik. Ikan ini dagingnya putih (that’s why disebut white fish) dan halus. Paling cocok dipanggang atau digoreng dengan balutan adonan tepung yang renyah. (www.detikfood.com/…/apa-itu-ikan-dory)

Naahh.. saat steak ikan dory disajikan, saya sudah tidak sabar untuk memotong sebagian dagingnya dengan pisau untuk dicicipi. Tapi ternyata saya bahkan tidak perlu menggunakan pisau sama sekali sepanjang menikmati sajian ini. Daging ikannya sangat lembut langsung lumer dimulut dan teksturnya seakan tidak berserat seperti ikan-ikan lainnya.

Steak ikan dory ini dilengkapi dengan sayuran dan kentang goreng seperti biasa. Disela sajian sayuran, saya menemukan potongan jeruk nipis yang jika dikucurkan diatas ikan, akan menambah rasa segar pada dagingnya. Saus yang disiramkan di atas ikan tidak terlalu berbeda dengan saus untuk steak daging (saus jamur). Sebenarnya saya mengharapkan rasa yang berbeda dari sausnya, entahlah mungkin saus lemon atau yang lainnya.

Dengan saus yang sama dengan saus steak daging, sensasi perbedaannya hanya ada pada ikan dorynya saja. Tapi untuk kesan pertama, saya cukup menikmati ikannya (bukan sausnya)… Anda yang mungkin menyukai ikan sebagai menu utama, pilihan steak ikan dory bisa menjadi sebuah pengalaman yang cukup mengesankan… :D

photo source :www.traderscity.com/board/produc…o-71937/

About these ads