Soto BanjarSatu lagi menu menggiurkan dari pulau Borneo (Kalimantan) tepatnya dari bagian Selatan yaitu Banjarmasin. Jika anda adalah penggemar makanan berkuah, saya sarankan anda mencicipi soto khas Banjarmasin.
Lain dari soto yang biasanya berwarna kuning, soto banjar tampil dengan visual kuah yang berwarna putih bening. Kuah nikmat dan sedap ini dibuat dari paduan antara kaldu ayam dan kaldu daging, kayu manis, bawang bombay, bunga sisir dan beberapa ingredient lainnya sehingga terasa mantab sekali.
Ada beberapa perberbedaan tentang isi dari soto ini dibanding dengan soto di jawa yaitu kehadiran perkedel kentang dalam soto banjar. Bahan lainnya adalah ayam yang di suwir, telur ayam yang di iris, ketupat, dan bawang goreng. Yumm🙂
Well,untuk anda yang tinggal di surabaya dan ingin menikmati soto banjar yang hampir original, saya sarankan anda mencicipinya di warung soto banjar Pal Satu H. Nasir di daerah Kedungdoro Surabaya. Warung ini adalah cabang dari warung H.Nasir yang ada di daerah pal satu di banjarmasin.
Menurut saya, rasa soto banjar di warung ini lumayan original. Kuah soto yang beraroma khas namun tidak terlalu kental, cukup cocok dengan lidah orang jawa. Saya sarankan anda menambahkan sedikit kecap asin untuk menyempurnakan rasa kuahnya, karena kuah disajikan dengan rasa yang tidak terlalu asin dan hanya menonjolkan kesedapan kaldu, bunga sisir dan beberapa bumbu pokoknya saja.
Selebihnya kondisi warung yang sederhana dengan tambahan kipas angin membuat penikmatnya semakin bersemangat menghirup kuah soto yang disajikan panas-panas sampai badan berpeluh…bayangkan saja kenikmatannya…hmmm yummy 🙂