Nasi Tomat dan Kambing GorengSurabaya, 31 Mei 2010

Hooshh… menikmati menu nasi tomat berlauk kambing goreng, serasa duduk di hamparan permadani Saudi Arabia, laziz..😀. Pertimbangkan untuk mencicipi masakan khas timur tengah yang menggoda ini, tapi anda harus benar-benar lapar karena potongan kambing goreng yang menyertai sajian nasi tomat ini besar sekali. Saat bersantap siang dengan menu nasi tomat kambing goreng ini, saya benar-benar dibuat terkaget-kaget dengan porsi dan tampilannya. Awalnya saya mengira kambing gorengnya akan disajikan dengan cara dipotong-potong kecil, ternyata tidak, cara menyajikannya pun khas timur tengah..besar dan banyak (hhehheee…:D)

Karena saya adalah orang yang tidak mengkonsumsi daging merah terlalu banyak, akhirnya sayapun hanya mengambil beberapa cuil daging kambingnya dan kemudian memberikan potongan besar pada suami saya (sang penggemar daging kambing :)). Saya beruntung sekali karena nasi tomat ini dicampur dengan beberapa sayuran untuk mengimbangi lemak yang disumbang oleh kambing gorengnya. Sayurannya terdiri atas potongan wortel, kacang polong, lalap ketimun, tomat segar dan yang menarik adalah kismis yang memberikan citarasa asam manis saat anda menyuapkan nasi tomat ke dalam mulut..yumm🙂

Rasa nasi tomat hampir menyerupai nasi kebuli, tapi nasi kebuli lebih dominan terasa aroma daging kambingnya sedangkan nasi tomat tidak. Citarasa menu ini lebih pada aroma tomat yang manis serta rasa gurih dari bahan rempah lainnya yang dicampurkan saat proses pengukusan. Salah satu restoran timur tengah di Surabaya yang menyajikan menu ini adalah Depot Ampel yang ada dikawasan Walikota Mustajab.

Jika anda belum pernah mencicipi menu nasi tomat kambing goreng, saya sarankan anda mencobanya di resto timur tengah ini. Citarasa yang disajikan di resto ini cukup cocok dengan lidah orang asia yang tidak terlalu gemar dengan makanan “eneg“. Harga yang ditawarkannya juga sepadan dengan porsi yang diberikan. Untuk nasi tomat dan kambing goreng dengan potongan besar, resto ini mematok harga tidak lebih dari dua puluh ribu rupiah.

Untuk para pecinta menu yang terbuat dari bahan dasar daging kambing, anda dapat menikmati nasi tomat kambing goreng ini dengan paduan minuman Es susu kambing…hhhoooohhh…mantabbb..😀