Nasi Biryani

Ketika selera berkuliner kembali datang.. saya dan keluarga besar memutuskan untuk “Nekat” mencoba makanan yang sangat berbeda dan belum pernah kami makan. Setelah diskusi panjang dan melelahkan (hehhehe😀 ) akhirnya kami mengalah pada pilihan adik saya yang menyarankan untuk mencoba masakan India. Tidak tanggung-tanggung, dia pun menyarankan kami untuk makan di restoran asli india yang cukup terkenal di kota Surabaya. Nama restoran itu “Sitara Indian Cuisine” di kawasan jln Brawijaya surabaya.

Ketika sampai disana, suasana khas india sangat kental terasa (perpaduan penjual, lukisan, aroma ruangan hingga pembeli yang sebagian besar dari india.. chaiya..chaiya…hehhehe), termasuk menu yang disajikan. Pilihan kami salah satunya jatuh pada Nasi Biryani yang “katanya” khas sekali di India. Kami memilih Mixed Biryani (campuran daging kambing dan ayam) karena sebagian dari kami tidak mengkonsumsi daging kambing. For your information, di restoran ini tidak menjual menu apapun yang mengandung daging sapi..hehhehe..

Ketika nasi biryani pesanan kami datang, porsi dibagi menjadi dua bagian. Satu porsi mengandung daging  kambing dan porsi lainnya mengandung daging ayam. Thanks GOD, tadinya saya membayangkan ibu saya yang tidak memakan daging kambing harus memilah satu persatu daging kambing yang sudah di campur aduk dengan nasi. Walhasil kamipun terbagi menjadi dua kubu (hehhhehe😀 ) tapi saya bersikeras memilih berada di ke dua kubu tersebut (Hahhhahaa..) Setelah mencicipi ke duanya, saya menemukan perbedaan pada titik kemantapan bumbu saja. Biryani kambing lebih berlemak dan lebih mantap rasanya dibandingkan dengan biryani ayam, mungkin karena aroma kambing yang khas membuat citarasanya menjadi lebih sedap. Namun, benang merah rasa tetap sama.. rasa gurih,agak wangi di hidung, dan cenderung panas pedas di tenggorokan sama-sama mencuat.

Basmati Rice

Berbeda dengan nasi kabuli yang agak basah di mulut, nasi biryani punya sensasi kering, butir-butir beras Basmati terasa seolah-olah saya sedang memakan mie karena bentuknya agak memanjang pipih dan rasanya tidak manis seperti beras di Indonesia pada umumnya. Saya beri sekilas ulasan tentang beras Basmati yaa… Nah, beras basmati ini berasal dari India dan Paskistan yang bulirannya langsing panjang. Aromanya sangat harum meskipun tidak terlalu pulen. Sesuai dengan namanya ‘basmati’ yang dalam bahasa Sanskerta berarti harum atau wangi, beras ini memang aromanya sangat harum.

Keistimewaan lainnya, butiran atau buliran beras ini panjang dan kecil melebihi ukuran beras yang biasanya agak pendek dan montok. Seperti beras umumnya, basmati juga memiliki dua jenis, beras putih dan merah. Setelah dimasak menjadi nasi barulah keunikan beras ini terlihat. Beras ini akan melar memanjang butiran, sedikit pera, mudah terurai butiran berasnya dan aromanya sangat harum. Karena kadar gula yang rendah. Beras basmati bahkan sering dikonsumsi mereka yang sedang melakukan diet gula.

Oke, itu tadi sekilas tentang Basmati Rice atau beras Basmati. Kembali lagi ke menu nasi Biryani, selain rasa berasnya yang berbeda.. rasa panas pedas di tenggorokan sangat mendominasi sepanjang menyantap menu ini. Tapi satu hal yang harus diingat bahwa rasa panas pedas inilah yang semakin membangkitkan selera makan menjadi semakin nikmat. Setelah diamati, ternyata paduan cengkeh, jintan, kapulaga dan mungkin ada merica (bubuk merica hitam) yang membuat rasa itu menyeruak bahkan mulai pada suapan pertama. Diskusi dengan ibu saya menghasilkan kesimpulan bahwa masakan ini memang cocok untuk individu yang tidak keberatan dengan menu pedas, karena untuk yang tidak suka pedas sepertinya akan menyerah ditengah pertarungan menghabiskan nasi biryani ini… hehhehee..:p

Well, saya cukup menikmati menu ini dengan segala sensasi baru yang ditimbulkannya. Bagi anda yang memang hobi mencoba coba menu baru, menu ini patut di coba karena pasti akan timbul senyum senyum penuh arti sepanjang menyantap menu istimewa ini… saran saya, cobalah pertama kali di restoran yang masih menjaga originalitas rasanya agar anda bisa menemukan keaslian citarasa india di sana. yummmyyyy….